Wednesday, August 1, 2018

Pemrograman dasar kelas 10 | TKJ RPL MM


Pemrograman dasar kelas 10 - Pemrograman dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Java, pascal,PHP, Python atau C++. Oiya, materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 dan 2 ini peruntukan penggunaannya oleh para siswa di kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia yang berfokuskan ke materi dasar-dasar Algoritma pemrograman, flowchart, dan logika pemrograman.

Bahasa pemrograman yang akan dipakai sebagai pengantar pemrograman dasar adalah Python dan PHP. Bahasa pemrograman ini dipilih karena populer dan mudah dipelajari
Pada postingan kali ini akan saya sampaikan garis besar materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 revisi 2017 kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia

Materi Pemrograman Dasar kelas 10 ini memiliki 14 Kompetensi Dasar atau modul pengetahuan dan ketrampilan yang dapat anda pelajari melalui berbagai media.

Sebagai informasi untuk siswa TKJ, RPL dan Multimedia, jika ada yang bertanya Pemrograman Dasar ini tujuan kompetensinya buat apa? Skill keahliannya bisa buat kerja gak? Manfaat belajar PD apa aja? Silahkan lanjut bacanya...

Nah, supaya anda dapat gambaran, modul Pemrograman Dasar itu banyak membahas tentang algoritma pemrograman, logika pemrograman, flowchart, bahasa pemrograman PHP dan Python dan melakukan koding (memprogram) komputer.

14 materi Pemrograman dasar SMK kelas 10 semester 1 dan 2

  1. Menerapkan alur logika dan algoritma pemrograman dasar
  2. Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman dasar
  3. Menerapkan alur pemrograman dengan struktur pemrograman dasar
  4. Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi
  5. Menerapkan operasi aritmatika dan logika
  6. Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman
  7. Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman
  8. Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memory
  9. Menerapkan penggunaan fungsi
  10. Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi
  11. Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
  12. Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
  13. Mengevaluasi debuging pada aplikasi sederhana
  14. Mengevalusai paket installer aplikasi sederhana

Pemrograman dasar SMK kelas 10 SMK TKJ, RPL dan Multimedia yang berkaitan dengan keahlian lulusan

Secara umum, keahlian yang berhubungan dengan materi pemrograman adalah menjadi Programmer Komputer.

Siswa TKJ, RPL dan Multimedia diharapkan dapat menempati posisi sebagai ahli madya pemrograman komputer. Cukup seru 'kan?

Kenapa harus belajar pemrograman komputer?

  1. Berfikir secara logik
  2. Kemampuan problem solving (pemecahan masalah)
  3. Mampu berfikir secara sistematis
  4. Kemampuan menganalisa dan memberi solusi
  5. Kemampuan manajerial (mengelola tim)
  6. Kemampuan berkomunikasi
  7. Penguasaan bahasa asing
  8. Penguasaan bahasa pemrograman komputer

Apa saja keahlian pemrograman komputer?

  1. membuat program dengan bahasa pemrgraman populer seperti PHP atau python
  2. membuat sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman

Bidang-bidang pekerjaan Programmer

Bidang-bidang pekerjaan seorang calon Programmer cukup banyak.
Apa saja bidang pekerjaan yang relevan dengan materi pemrograman dasar?
  1. Junior Office Programmer
  2. Help Desk programmer
  3. Senior Programmer
  4. Junior Techical Support system information programmer
  5. Technical Support Programmer
  6. Tentunya masih banyak lagi sesuai perkembangan jaman
Tunggu apalagi, simak kompetensi dasarnya dibawah ini. Yuk!

Materi Pemrograman dasar kelas 10 | Silabus kompetensi keahlian TKJ, RPL dan Multimedia

Ada 14 kompetensi dasar yang ditampilkan pada mata pelajaran pemrograman dasar, 14 materi ini bakal anda sampaikan semua dalam 2 semester.

Apa saja?

Materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 1

Tabel dan link dibawah ini adalah materi pokok kompetensi dasar yang akan di capai siswa. Bapak beri sumber bacaan untuk teori. Tugas dan kegiatan belajar dapat dibaca sesuai materi yang akan dibahas. 

Selamat belajar.

3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer

  1. Menerapkan Alur Logika pemrograman komputer
  2. Cara penulisan algoritma pemrograman

4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer

  1. Cara membuat flowchart online di google draw
  2. Cara membuat flowchart di MS-Word

3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

  1. Memahami bahasa pemrograman Python
  2. Memahami bahasa pemrograman web PHP

4.2 Melakukan instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

  1. Cara install LARAGON di Windows 10
  2. Cara install XAMPP di Windows 10
  3. Cara install Python di Windows 10
  4. Praktik instalasi Visual Studio Code Editor bahasa pemrograman PHP dan Python
  5. Praktik instalasi extension PHP di Visual Studio Code

3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur pemrograman

  1. Belajar Python: fungsi print()
  2. Belajar Python: Variabel | Variable
  3. Belajar Python: Komentar | Comments

3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta,operator dan ekspresi

  1. Belajar Python: Tipe data | Data type

3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika

4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika

3.6 Menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

4.6 Membuat kode program dengan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman

3.7 Menerapkan struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman

4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan dalam bahasa pemrograman


Materi Pemrograman dasar kelas 10 semester 2

Tabel dan link dibawah ini adalah materi pokok kompetensi dasar yang akan di capai siswa. Bapak beri sumber bacaan untuk teori. Tugas dan kegiatan belajar dapat dibaca sesuai materi yang akan dibahas. 

Selamat belajar.

3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memory

4.8 Membuat kode program menampilkan data array

3.9 Menerapkan penggunaan fungsi

4.9 Membuat kode program penggunaan fungsi

3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi

4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi

3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface)

4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface)

3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)

4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)

3.13 Mengevaluasi debuging pada aplikasi sederhana

4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana

3.14 Mengevalusai paket installer aplikasi sederhana

4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana

No comments:

Post a Comment