Saturday, July 18, 2020

Cara Membuat kelas | kode kelas | akun quipper guru [3]

<;Membuat kelas di quipper school Guru cukup 3 Langkah Cara Membuat kelas di quipper school adalah lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu setelah bapak dan ibu guru (mengaktivasi akun quipper guru).

Bapak dan ibu pasti sudah lega sekarang ya, karena akhirnya status user biasa telah berubah menjadi guru atau bahkan admin di quipper school sekolah masing-masing.

Nah, selanjutnya bapak dan ibu akan mendalami 3 langkah membuat kelas baru di quipper school, mencatat kode kelas dan memasukan materi pelajaran di quipper school versi guru.

Apa saja yang harus bapak ibu lakukan?

Ini dia...

Cara Membuat kelas di akun quipper guru


Halo Assalamualaikum wr.wb sahabat Rudy Setiawan yang budiman!

Apa kabar? Tentu sehat dan bahagia selalu ya...

Quipper menyediakan sarana belajar yang asik, gaul banget, dan memiliki tampilan dan konten yang menarik khas aplikasi jaman now.

Pembelajaran e-learning seperti ini saya rasa cocok buat remaja usia sekolah yang tidak bisa lepas dari gadget android. Kadang meski dilarang sekalipun, mereka akan tetap curi kesempatan untuk terus menggunakan gadget mereka.

Dengan menambah kelas di quipper school, bapak dan ibu guru sudah dapat memanfaatkan handphone dan gadget kita sebagai media bahan ajar berbasis TIK yang menyenangkan.

Oiya...sampai kelupaan. Kita teruskan artikel tentang menambah kelas di quipper buat guru. Bapak dan ibu akan saya ajak bagaimana membuat / menambah kelas di quipper school baru, mencatat kode kelas dan sekaligus cara membuat mata pelajaran di quipper school.


Ikuti langkahnya sebagai berikut ya...


Bagaimana cara membuat atau menambah kelas di quipper school?

Kelas dalam quipper school untuk guru adalah membuat lokasi dimana siswa yang akan dikelompokan berdasarkan kesamaan tingkat atau materi pelajaran.


1 Login ke dashboard quipper

Setelah berhasil login ke dashboard, kemudian status bapak dan ibu sudah menjadi guru, maka tampilan dashboard bapak dan ibu terlihat seperti dibawah ini.

<;dashboard quipper setelah aktivasi quipper school
Gb 2. Akun guru yang telah teraktivasi memiliki menu yang lebih banyak

Penjelasan menu secara singkat:
  1. Beranda - Untuk kembali ke halaman depan atau muka
  2. Kurikulum dan tugas - Berisi berbagai materi kurikulum yang ada di Indonesia. Kurikulum ini berisi materi-materi yang dapat dipakai secara langsung untuk memberi tugas atau pembelajaran ke siswa. Tapi sayang, kurikulumnya cuma dari SD,SMP dan SMA. Khusus SMK, guru harus membuat sediri.
  3. Statistik - Untuk menganalisa kemajuan belajar siswa dan kelas
  4. Daftar kelas - Untuk membuat kelas baru atau melihat kelas-kelas yang diampu guru
  5. Siswa - Untuk melihat nama-nama siswa di kelas yang diampu. Termasuk didalamnya bapak ibu bisa mereset password siswa kalau lupa
  6. Pengelolaan - Untuk mengelola guru-guru. Jika status anda admin, anda dapat mengelola guru baru yang login ke quipper disini. Jadikan status sebagai guru atau admin juga dimenu ini.

2 Membuat kelas di quipper school

Klik menu nomor 4 (lihat gambar 2). Kemudian klik tombol buat kelas baru ❶. Akan muncul jendela pop ups dimana bapak dan ibu dapat membuat kelas sesuai jenjang (grade)❷. Kelas 12,kelas 11 dan seterusnya. Lalu beri nama kelas❸ tersebut dan tekan tombol simpan❹.

<;Cara setup kelas di quipper school untuk Guru
Gb 3. Akun guru yang telah teraktivasi memiliki menu yang lebih banyak

3 Apa itu kode kelas?

Setelah kelasnya terbuat, maka langkah berikutnya bapak ibu mencatat kode kelas yang akan di bagikan ke siswa kelas bapak dan ibu masing-masing.


Misal, saya mengampu 1 kelas, kelas 10 SMK, maka catatlah kode kelas 10 untuk dibagikan ke siswa per kelas tersebut❶.

<;cara membuat kelas di quipper school
Gb 4. jangan lupa di catat kelas berapa kode kelasnya apa ya bapak dan ibu guru sekalian.


Kesimpulan

Untuk membuat kelas di quipper school buat guru ternyata cukup mudah 'kan.

Nah sekarang bapak dan ibu tinggal membuat materi pembelajaran dan cara penugasannya ke siswa. Tapi kita lanjut minggu depan ya artikel,lelah adek!

Selamat belajar menggunakan quipper elearning!

No comments:

Post a Comment